Review Tabulet Beat Duos


Reinkarnasi Sepenuh Hati

Kemampuan perangkat ini menjadi lebih memuaskan selepas upgrade di sana-sini.

Sebelumnya kami pernah mencoba Tabulet Beat 2 yang sebenarnya cukup lumayan meskipun spesifikasinya tampak kurang gereget. Untuk itulah, dirilis versi duos untuk menjawab berbagai kelemahan sebelumnya. Julukan duos sendiri merupakan gambaran dari konsep serba ganda dibandingkan versi Beat awal. Dengan demikian, komputer tablet ini “seharusnya” lebih menarik.  

Layar 7” di duos ternyata jauh lebih cemerlang dan tak menyilaukan berkat pemakaian lapisan anti silau. Ini membuat tampilan layar tetap bisa dilihat dari sudut 150 derajat. Setidaknya teknologi ini mirip dengan panel layar IPS yang juga digunakan banyak tablet papan atas. Layarnya juga terlihat lebih timbul dibandingkan Beat 2 yang masih “tenggelam” sehingga menyulitkan akses menu di bagian pojok. Kami juga menyukai ketebalannya yang lebih tipis namun lebih ringan dibandingkan versi sebelumnya.  

Dari sisi koneksi input-ouput dan feature lainnya, produk ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan versi sebelumnya, termasuk adanya koneksi data yang hanya menawarkan koneksi Wi-Fi dan 3G eksternal. Untuk itulah disediakan kabel USB on-the-go yang juga bisa dipakai membaca storage eksternal hingga kapasitas 2 TB. Namun ini bukanlah perubahan utama dalam produk ini.

Upgrade signifikan ternyata dilakukan pada dapur pacu. Kini, produk ini dilengkapi dengan prosesor inti ganda 1,2 GHz (Arm Cortex A9) yang bisa dipacu sampai berkecepatan 1,5 GHz. RAM-nya pun sudah mencapai kapasitas 1 GB dengan memori 8 GB. Inilah peningkatan ganda yang membuat komputer tablet ini dijuluki “duos”.  

Berbekal komponen utama yang cukup menggigit, Beat duos cukup mantap melahap berbagai aplikasi dan game yang tergolong rakus memori. Sayang sekali komputer tablet yang lumayan kencang ini hanya memiliki sensor yang amat minim. Menurut pengamatan kami, hanya terlihat satu sensor (accelerometer) ditambah mikrofon. Akan tetapi, hal ini justru membuat harga komputer tablet ini menjadi lebih murah.

****

Kami menyukai perbaikan kinerja yang amat terasa di produk ini saat menjalankan berbagai aplikasi baru. Kemampuan grafisnya juga meningkat meskipun tidak terlalu signifikan. Setidaknya komputer tablet ini sudah memadai untuk menjalankan aktivitas mobile sehari-hari.

Hasil Uji

Smartbench 2012 – Productivity

*skor makin tinggi makin bagus

Spesifikasi

Amlogic Meson6 1,2 GHz (AML8726-MX dual-core)

7”/1024x600 pixel (WXGA) Capacitive touchscreen

* Erasa Mandiri Teknosis, (021) 3276-8301; Minggu pertama September 2012

Micro-SD 
Posisi slot micro-SD (transfl ash)

Video Hi-def
Feature dual HD video-decoding DSP memungkinkan output disalurkan ke layar LCD TV via HDMI. Ini akan sangat ideal untuk siaran definisi tinggi.


Plus    : Ramping dan ringan; CPU ganda; tampilan layar anti silau; harga terjangkau.

Minus : Sensor minim; tanpa dukungan Bluetooth, jaringan seluler, dan kamera belakang.

Skor Penilaian 

- Kinerja             : 3,95
- Fasilitas           : 4
- Kemudahan     : 4
- Harga               : 4,5
- Skor total         : 4,09


Foto:
Alphons Mardjono



View the original article here

0 comments:

Post a Comment