Review Lenovo IdeaCentre A720


Keren dan Canggih

Kemampuannya dalam menerima sepuluh titik sentuh secara bersamaan membuat perangkat ini cocok untuk dipakai bekerja maupun bermain.  

Keren dan canggih. Itulah kata yang tepat saat kami melihat Lenovo IdeaCentre A720. Dari tampilan fisiknya saja sudah terlihat keeleganan perangkat ini yang terlihat tipis ramping disangga oleh pondasi kokoh.

Yang tampak unik pada PC AiO ini ialah letak CPU, yang ditempatkan bukan di belakang layar monitor, tetapi di fondasi penyangga. Hal inilah yang membuat ukuran layar tetap tipis dan stylish. Disangga dengan penopang berbahan alumunium yang mantap, layar tersebut bisa diposisikan mulai dari tegak lurus sampai datar dengan kemiringan sampai 95 derajat.

Kecanggihan perangkat ini terlihat dari feature layar sentuh yang digunakan. Teknologi yang diadopsinya mendukung hingga 10 titik sentuhan. Saat awal peluncurannya, Lenovo A720 sempat melakukan demo dengan cara memainkan alat musik menggunakan virtual keyboard. Demo tersebut menunjukkan tingkat responsivitas perangkat ini saat menerima sentuhan secara bersamaan. Sayangnya, kami sendiri tidak bisa menguji hal tersebut karena ketiadaan aplikasi. Namun berdasarkan demo tersebut, terbukti bahwa sensor sentuhan 10 jari tersebut bisa bekerja dengan baik.  

Untuk menopang kinerjanya, perangkat ini menggunakan spesifikasi dengan teknologi terkini. Spesifikasinya adalah prosesor Intel Core generasi ketiga Ivy bridge 2,3 GHz disandingkan dengan memori  DDR3 8 GB serta kartu grafis Nvidia GeForce GT630M. Spesifikasi ini cukup tangguh untuk menjalankan aplikasi terkini, termasuk aneka game kelas berat dengan resolusi menengah.  

Dari sisi media simpan, Lenovo mengombinasikan kemampuan harddisk berkoneksi SATA2 dengan SSD yang berfungsi sebagai cache. Ditambah dengan teknologi Lenovo Enhanced Experience 3.0 (EE3), produk ini diklaim mampu mempercepat waktu booting hingga beberapa detik. Untuk menangani aktivitas audio, chipset Realtek yang digunakan telah dilengkapi dengan teknologi Dolby Home Theater V4 sehingga cocok jika digunakan dengan speaker tambahan dengan keluaran suara 5.1. Kamera webcam-nya pun dilengkapi dengan dukungan resolusi definisi tinggi, yakni resolusi 720p yang lebih tajam dibanding resolusi standar.

****

Lenovo I deaCentre A720 ditujukan bagi keluarga yang membutuhkan perangkat all-in-one, mulai dari aktivitas edukasi sampai hiburan. Dengan spesifikasi dan teknologi pendukung, perangkat ini akan memberikan pengalaman serta sensasi tersendiri berkat dukungan layar sentuh hingga 10 jari. J ika harga kisaran harga 18 juta rupiah bukan masalah bagi Anda, Lenovo IdeaCentre A720 ini tentu layak dicoba.

Hasil Pengujian

Dalam hal kinerja secara keseluruhan, Lenovo unggul dari Asus ET2700INTS. Hanya saja kinerja grafisnya masih kalah. Ini terlihat dari kinerja fps saat kami melakukan uji aplikasi berbasis game 3D (Stalker dan 3Dmark).

3DMark11 Professional Edition V 1.0.2.0

Sisoft Sandra Lite 2011 (Dhrystone)

STALKER Call of Pripyat Bencmark V1.6.00 (average)

Spesifikasi

Blue-ray combo (HL-DT-ST BDDVDRW CA30N)

Card reader, HDMI-in dan out, 2x USB 3.0 dan 2x USB 2.0, webcam, microphone, built-in speaker, Wi-Fi, Bluetooth, TV tuner, keyboard+mouse wireless

Microsoft Windows 7 Home Premium SP1 64-bit

*Bening Komunika Internasional (Bening Communications); (021) 4586-5050 


Bluray combo
Guna mengoptimalkan layar besar dengan dukungan resolusi 1080p, disertakan perangkat optis yang berupa Bluray combo dengan model slot.

Bisa miring
Layar berukuran besar ini memiliki kemampuan untuk ditekuk dari kemiringan -5° hingga 95°.

Dua arah
Koneksi HDMI bisa dimanfaatkan sebagai penghubung dari dan ke perangkat definisi tinggi berkat port input dan output.


Plus    
: Spesifikasi dan kinerja tinggi; desain tipis dan bisa dimiringkan hingga 95°; layar 27 inci dengan feature 10 point multi-touch; port HDMI-in dan out, USB3.0; TV tuner terintegrasi + remote control; menggunakan combo drive bluray; waktu booting lebih cepat.

Minus : Mahal.


Skor Penilaian 
- Kinerja              : 4,25  
- Fasilitas            : 4,5  
- Penggunaan     : 4,25  
- Harga                : 3,25  
- Skor total          : 4,17


Foto: PCWorld, DesktopReview



View the original article here

0 comments:

Post a Comment